Sikap Pelayanan Prima Jadi Kunci Sukses Layanan Adminduk
23 Mei 2025
Teluk Kuantan, 23 Mei 2025 — Berupaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), sikap atau attitude petugas menjadi salah satu faktor krusial yang tak bisa diabaikan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi menekankan pentingnya perilaku ramah, responsif, dan profesional dalam setiap interaksi dengan masyarakat.
Kepala Dinas Dukcapil melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Jum’at-23 Mei 2025, saat briefing pagi pada sebelum pelayanan dimulai menyampaikan bahwa sikap aparatur merupakan cerminan komitmen pemerintah dalam memberikan layanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.
“Kami terus menanamkan nilai-nilai pelayanan prima seperti 5S (Senyum, Salam, Sapa, sopan, dan santun) – kepada seluruh petugas front office maupun back office. Masyarakat harus merasa nyaman dan dihargai ketika mengakses layanan adminduk,” ujar beliau.
Menurutnya, pelayanan yang cepat dan tepat tidak akan berarti banyak tanpa disertai sikap yang santun dan empati. Hal ini sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang mengedepankan pelayanan publik yang humanis dan inklusif.
Dinas dukcapil juga secara rutin memberikan pemahaman dalam berbagai kesempatan saat apel pagi misalnya tentang pelayanan dan etika kerja kepada petugas untuk memastikan standar pelayanan terus meningkat. Selain itu, mekanisme pengaduan masyarakat diperkuat untuk menjamin pelayanan tetap akuntabel dan bebas dari praktik tidak terpuji.
Dengan meningkatkan attitude pelayanan, diharapkan masyarakat semakin percaya dan puas terhadap layanan adminduk yang disediakan pemerintah.
(YRZ:Dukcapil Kuansing)






