Menuju Birokrasi Berkelas, Dukcapil Kuansing Ikuti Asistensi PEKPP dari Biro Organisasi Setda Provinsi Riau
07 Okt 2025
Teluk Kuantan, 7 Oktober 2025 - Dalam upaya memperkuat komitmen menuju pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti kegiatan Asistensi Penilaian Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPP) yang ditaja oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Riau.
Kegiatan yang berlangsung Senin tgl 6 Oktober 2025 secara Daring diikuti oleh perwakilan OPD yang di Evaluasi oleh Menpan/RB di tahun 2025 termasuk Dinas Dukcapil Kuansing hadir dengan semangat tinggi untuk memperkokoh niat dalam mencapai target pelayanan prima sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kuantan Singingi, melalui Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan "Yasrizon" sebagi perserata menyampaikan bahwa kegiatan asistensi ini menjadi momentum penting untuk memperkuat niat dan langkah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Kami di Dukcapil Kuansing selalu berupaya memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, cepat, dan transparan, kita ingin jadikan Dinas Dukcapil sebagai birokrasi yang "Berkelas" dimata masyarakat. Asistensi PEKPP ini menjadi sarana evaluasi yang sangat bermanfaat untuk memastikan seluruh standar pelayanan publik benar-benar berjalan sesuai ketentuan dan harapan masyarakat,” ujar Yasrizon
Beliau juga menegaskan bahwa semangat untuk mencapai pelayanan prima harus menjadi budaya kerja seluruh jajaran.
“Pelayanan publik bukan hanya soal dokumen selesai, tetapi juga bagaimana masyarakat merasa dilayani dengan baik, dengan hati, dan penuh tanggung jawab. Itulah makna pelayanan prima yang ingin terus kita wujudkan,” tambahnya.
Melalui asistensi ini, tim dari Biro Organisasi Setda Provinsi Riau memberikan pendampingan teknis terkait tata cara pengisian instrumen PEKPP, pemenuhan eviden, serta strategi peningkatan nilai kinerja pelayanan publik di daerah.
Dengan semangat perubahan dan kolaborasi, Dinas Dukcapil Kuantan Singingi berharap dapat terus memperbaiki kualitas layanan, menguatkan budaya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat, dan menjadikan Dukcapil sebagai garda terdepan pelayanan publik yang humanis, profesional, dan terpercaya di Kabupaten Kuantan Singingi.
(YRZ:Dukcapil Kuansing)






