DUKCAPIL TUNJUKKAN KOMITMEN: RESPON CEPAT KEBUTUHAN ADMINDUK PASIEN RUMAH SAKIT
24 Apr 2025
Teluk Kuantan 24 April 2025 – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi terus menunjukkan kepeduliannya terhadap kebutuhan masyarakat, termasuk dalam situasi darurat dan kondisi khusus. Salah satu bentuk komitmen nyata adalah pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang cepat dan tanggap bagi pasien rumah sakit.
Pelayanan adminduk seperti pembuatan KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran hingga Akta Kematian kini dapat diakses secara fleksibel oleh pasien dan keluarganya yang sedang berada di fasilitas kesehatan. Tak kecuali hari ini Kamis 24 April 2025 Dinas Dukcapil Kuantan Singingi melakukan jemput bola langsung ke RSUD Teluk Kuantan guna memberikan kemudahan dan memastikan kepada salah seorang fasien yag belum lakukan perekaman KTP-el
Kepala Dinas Dukcapil Kuantan Singingi "MAHVIYEN TRIKON PUTRA, SE menyampaikan, “Kami terus dan berupaya menghadirkan layanan yang humanis. Masyarakat yang sedang sakit atau dirawat di rumah sakit tidak seharusnya dibebani dengan urusan administratif. Oleh karena itu, kami hadir untuk membantu.”

Kerja sama antara Disdukcapil dan pihak rumah sakit terus diperkuat dengan memadukan Inovasi SiCepat WA agar alur pelayanan lebih efisien dan tetap sesuai dengan regulasi. Petugas Disdukcapil secara berkala melakukan koordinas dan standby untuk melayani langsung kebutuhan adminduk pasien dan keluarga mereka.
Selain mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan, langkah ini juga sekaligus menjadi wujud nyata dari implementasi pelayanan publik yang inklusif dan responsif, sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dan pelayanan berbasis empati.
Dengan pendekatan seperti ini, Disdukcapil Kuantan Singingi berharap tidak hanya memberikan dokumen, tapi juga menghadirkan rasa aman dan nyaman di tengah situasi sulit yang dihadapi masyarakat.
(YRZ:Dukcapil Kuansing)






