Disdukpencapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Kuantan Singingi

“Dukcapil Kuantan Singingi Buktikan: Pelayanan Prima Tak Harus dengan Anggaran Besar”

27 Okt 2025
gambar-berita

Teluk Kuantan, 27 Oktober 2025 — Di tengah keterbatasan anggaran operasional, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi tetap menunjukkan komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang prima kepada masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kuantan Singingi “Mahviyen Trikon Putra, SE” menyampaikan saat apel pagi senin 27 Oktober 2025 bahwa meskipun kondisi keuangan daerah belum sepenuhnya mendukung optimalisasi seluruh kegiatan pelayanan, kita jajaran Dukcapil tetap berupaya maksimal agar masyarakat dapat menikmati layanan adminduk dengan baik.

“kita harus sadar, pelayanan administrasi kependudukan adalah hak dasar warga negara. Walaupun anggaran yang tersedia sangat terbatas, kita  tidak menjadikannya alasan untuk menurunkan semangat dan kualitas pelayanan,” ujarnya.

Berbagai langkah efisiensi dilakukan agar pelayanan tetap berjalan lancar, di antaranya dengan memanfaatkan teknologi informasi, memperkuat koordinasi lintas sektor, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Tak hanya itu, inovasi pelayanan yang ada seperti  layanan daring dengan pola kerja sama tetap dilaksanakan demi memastikan seluruh masyarakat mendapatkan hak dokumennya.

Dedikasi kita sebagai pegawai Dukcapil yang terus bekerja dengan penuh tanggung jawab di tengah keterbatasan ini telah mendapat apresiasi dari Masyarakat maupun dari pihak Lembaga resmi pemantau layanan publik, ini dibuktikan dengan Dinas Dukcapil mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN/RB dan Ombudsman RI yakni masing-masing Organisai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Predikat “Sangat Baik” dan Predikat “Kualitas Tertinggi” penilaian opini pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik,  disamping itu Bupati Kuantan Singingi juga memberikan penghargaan sebagai peringkat pertama OPD terinovatif pada momen peringatan hari jadi Kabupaten Kuantan Singingi ke 26 tahun 2025.  Saya berpesan “Kita harus menyadari, sebaik apa pun pelayanan yang kita lakukan, selalu ada pandangan berbeda dari orang lain. Yang terpenting, kita bekerja dengan tulus, profesional, dan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat.”

Jadikan Semangat pengabdian ini menjadi cerminan komitmen kita untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,Tetap bertekad untuk terus berbenah, berinovasi, dan memperjuangkan dukungan anggaran demi menghadirkan pelayanan adminduk yang semakin cepat, mudah, dan membahagiakan Masyarakat.

 

(YRZ:Dukcapil Kuansing)

ANDA MEMILIKI PERTANYAAN TERKAIT DATA KEPENDUDUKAN DAN PELAYANAN ATAU INGIN MEMBERI SARAN DAN MASUKAN?