Dinas Dukcapil Manfaatkan Momen Reses DPRD Sosialisasikan Layanan Adminduk
29 Apr 2025
Teluk Kuantan 29 April 2025– Terus berupaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait layanan administrasi kependudukan (adminduk), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi memanfaatkan momentum reses anggota DPRD sebagai ajang sosialisasi.
Kegiatan ini berlangsung dalam suasana yang penuh antusiasme dari masyarakat yang hadir di lokasi reses di Pantai Jai-Jai Raok Desa Padang Tanggung Kec. Pangean, Senin 28 April 2025 malam. Kepala Dinas Dukcapil “MAHVIYEN TRIKON PUTRA, SE" menyampaikan berbagai kemudahan layanan adminduk yang kini semakin cepat dan inovatif, mulai dari perekaman KTP-el, pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, hingga pemanfaatan layanan berbasis digital.
"Dukcapil Kuansing berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang semakin mudah, cepat, dan tanpa biaya. Kami terus berupaya mendekatkan layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan mengambil kesempatan dalam kegiatan reses ini," ujar Kepala Dinas dalam sambutannya.

Melalui sosialisasi ini, masyarakat juga diberikan informasi mengenai pentingnya dokumen kependudukan sebagai dasar dalam mengakses berbagai layanan publik, serta diingatkan untuk segera melaporkan setiap perubahan data kependudukan, seperti peristiwa kelahiran, kematian, update Pendidikan yang ditamatkan, golongan darah, maupun perubahan alamat.
Dukungan penuh dari anggota DPRD yang melaksanakan reses turut memperkuat sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam mendorong kesadaran administrasi kependudukan yang lebih baik di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam suasana akrab dan kekeluargaan Anggota DPRD Kuantan Singingi dari Komisi Satu, "DESTA HARIANTO, S.Sos menyampaikan bahwa Reses bukan hanya ajang menyerap aspirasi, tapi juga momen strategis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Kami mendukung penuh inisiatif Dinas Dukcapil Kuansing yang mempercepat layanan administrasi kependudukan melalui sosialisasi langsung di lapangan. Dukcapil harus terus berinovasi dan mendekatkan pelayanan ke tengah masyarakat." Sekali lagi kami nyatakan salut kepada Dinas Dukcapil yang memanfaatkan reses ini sebagai ajang sosialisasi layanan admiduk, sehingga masyarakat akan semakin paham akan kemudahan prosedur dan manfaat dokumen kependuudukan, Ujar Desta.
Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana masyarakat diberikan kesempatan langsung untuk berkonsultasi seputar permasalahan adminduk yang mereka hadapi.
(YRZ:Dukcapil Kuansing)






