Dinas Dukcapil Gelar Rapat Koordinasi dengan DPMPTSP Kuantan Singingi Bahas Pelayanan Publik di MPP
05 Des 2024
Teluk Kuantan, 05 Desember 2024 – Dalam rangka meningkatkan efektivitas pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik (MPP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi mengadakan rapat koordinasi kecil bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada hari ini Kamis tanggal 5 Desember 2024.
Rapat yang digelar di Kantor Dinas Dukcapil ini bertujuan untuk membahas strategi penguatan layanan terpadu di MPP, khususnya terkait integrasi pelayanan administrasi kependudukan dan layanan perizinan.
Kepala Dinas Dukcapil melalui Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan “Yasrizon” menyampaikan bahwa pertemuan ini menjadi langkah awal untuk menyelaraskan visi dan misi kedua instansi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pada kesempatan ini juga dibahas Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Dukcapil dengan DPMPTSP terkait dengan butir perjanjian kerja sama yang harus disepakai secara Bersama.
"MPP adalah simbol pelayanan modern yang harus menghadirkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan. Oleh karena itu, koordinasi antarinstansi sangat penting agar sistem pelayanan dapat berjalan harmonis," ungkapnya.
.jpeg)
Dalam rapat tersebut, kedua pihak membahas sejumlah isu penting, termasuk mekanisme alur pelayanan, kebutuhan infrastruktur, penguatan sistem digital, serta pelatihan bersama bagi petugas pelayanan di MPP.
Kepala DPMPTSP menyatakan mealui Sekretaris “ Maryono” kesiapan pihaknya untuk mendukung penuh penguatan layanan di MPP, terutama dalam hal percepatan proses perizinan yang berbasis elektronik. "Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Dukcapil agar masyarakat bisa menikmati layanan yang mudah, cepat, dan berkualitas di satu lokasi," ujarnya.
Rapat ini juga membahas rencana peninjauan dan uji coba sistem layanan terpadu di MPP yang akan melibatkan simulasi alur pelayanan dan pengujian kesiapan teknis. Langkah ini dilakukan untuk memastikan setiap aspek pelayanan berjalan optimal sebelum diluncurkan secara resmi.
Dinas Dukcapil dan DPMPTSP sepakat untuk terus menjalin komunikasi intensif guna memastikan keberhasilan integrasi pelayanan di MPP. Kerja sama ini diharapkan dapat menjadi model pelayanan publik yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat di Kuantan Singingi.
(Yrz:Dukcapil Kuantan Singingi)






