Disdukpencapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Kabupaten Kuantan Singingi

Data Kependudukan Modal Besar Transformasi Digital di Semua Layanan Publik.

24 Apr 2025
gambar-berita

Teluk Kuantan, 24 April 2025 – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kuantan Singingi, MAHVIYEN TRIKON PUTRA, SE, memimpin langsung briefing dalam kegiatan apel pagi yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Dukcapil pada hari ini Kamis/ 24 April 2025.

Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan sejumlah informasi penting hasil dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil hari pertama yang baru saja digelar oleh Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Dinas menyampaikan Pentingnya keberadaan dukcapil dalam pelayanan publik di negara ini, Dimana data kependudukan perwujudan dari hasil semua pelayanan adminduk  kali ini tema Rakornas adalah  Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan sebagai pondasi dari tranformasi digital semua pelayanan publik, artinya keperadaan dukcapil tidak lagi merupakan sesuatu yang dianggap remeh, ketika kita ingin membutuhkan layanan Kesehatan misalnya perlu rujukan dari data kependudukan, begitu juga bidang Pendidikan, sosial perbankan, perpajakan, dll juga memerlukan data yang rujukannya adalah data hasil layanan dukcapil.

Pada kesempatan ini juga ditegaskan kita jajaran dukcapil dituntut untuk serius mengurusi layanan adminduk ini karena dukcapil lah kunci dari semua sistim yang ada di negara ini dalam mewujudkan tata kelolah negara menuju ke transformasi digital, sehingga seluruh layanan publik akan berangsur dimulai melalui digitalisasi.

Menutup arahannya kepala dinas menekankan pentingnya sinergi dan percepatan layanan administrasi kependudukan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis digital. Ia juga menyampaikan arahan Dirjen Dukcapil mengenai penguatan integritas aparatur, transformasi digital pelayanan, serta kolaborasi lintas sektor dalam rangka meningkatkan pemanfaatan data kependudukan untuk pelayanan publik yang lebih efisien dan akuntabel.

“Pesan dari Rakornas sangat jelas, bahwa kita dituntut untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Teknologi bukan hanya alat bantu, tapi menjadi fondasi dalam mewujudkan layanan kependudukan yang cepat, tepat, dan terpercaya.

Briefing ini juga menjadi momentum penguatan semangat kerja seluruh jajaran Disdukcapil Kuantan Singingi dalam menyongsong target-target kinerja ke depan, khususnya dalam mendukung program nasional yang dicanangkan oleh Ditjen Dukcapil.

Dengan semangat Profesional, Akuntabel, dan Melayani, apel pagi kali ini menjadi ajang refleksi sekaligus motivasi bagi seluruh pegawai untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kuantan Singingi.

 (YRZ:Dukcapil Kuansing)

ANDA MEMILIKI PERTANYAAN TERKAIT DATA KEPENDUDUKAN DAN PELAYANAN ATAU INGIN MEMBERI SARAN DAN MASUKAN?