Perahu Baganduang Kuantan Mudik Masuk Nominasi API 2018

Teluk Kuantan - Tradisi unik Perahu Baganduang dari Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Masuknya Perahu Baganduang sebagai nominasi, merupakan nominasi yang kedua diraih oleh jenis pariwisata yang ada di Kabupaten Kuansing. Sebelumya, pacu jalur juga masuk nominasi API 2017 lalu dan telah dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler se Indonesia.

Pada tahun 2018 ini giliran Perahu Baganduang yang masuk dalam nominasi API Award 2018 dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler.

Hal ini disampaikan Kadis Pariwisata Kabupaten Kuansing, Marwan,Spd.MM melalui Wa ke bagian Humas Dan Protokoler, Senin (04/06/2018).

Sekedar diketahui, Perahu Beganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga buah sampan panjang yang dihiasi dengan beragam pernak pernik. Baganduang artinya bergandeng.

Perahu-perahu ini dirangkai menjadi satu (diganduang) dengan menggunakan bambu. Perahu baganduang menjadi bagian dari tradisi yang ada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing.

Perahu Baganduang adalah kendaraan adat yang digunakan untuk tradisi Majompuik Limau. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat selama kurang lebih satu abad lalu lamanya.

Untuk mendukung perahu baganduang ini menjadi pemenang pada API 2018, masyarakat diminta untuk mengirimkan vote SMS dengan cara ketik API 8D kirim ke 99386 sebanyak banyaknya, Ayo kirim Sms.

Sumber : https://kuansing.go.id
Image source : http://ariansibenai.blogspot.com

Sambutan Kepala Dinas
Puji dan syukur patutlah dipanjatkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan tetesan pengetahuan dan sedikit penguasaan atas teknologi informasi sehingga Kabupaten Kuantan Singingi dapat meluncurkan laman kuansing.go.id sebagai media informasi dan komunikasi pembangunan Kabupaten Kuantan Singingi dan Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan “Pemerintah Kabupaten/kota berkewajiban dan bertanggung jawab menyelenggarakan urusan Administrasi Kependudukan, yang dilakukan oleh bupati/walikota dengan kewenangan meliputi pengelolaan dan penyajian Data Kependudukan berskala Kabupaten/kota”, saya sungguh menyambut baik upaya ini sebagai bagian dari usaha untuk menyediakan informasi mengenai Administrasi Kependudukan bagi masyarakat yang oleh karena perkembangan teknologi informasi tidak harus datang ke Kuantan Singingi untuk mengetahui berbagai hal di Kuantan Singingi namun cukup dengan berselencar dalam dunia maya maka berbagai pihak yang berkepentingan dengan informasi kependudukan di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dalam berbagai segi, dapat terus di akses dimanapun berada.